Minggu, 27 September 2015

Ciri-Ciri Kalimat Efektif



NAMA     : RIMA DWITAYANA H.
NIM          : A1D115031

 


Kalimat efektif ialah kalimat yang memiliki kemampuan untuk menimbulkan kembali gagasan-gagasan pada pikiran pendengar atau pada pembaca seperti apa yang ada dalam pikiran pembicara atau penulis. Kalimat efektif lebih mengutamakan keefektifan kalimat itu sehingga kejelasan kalimat itu dapat terjamin.
Sebuah kalimat efektif mempunyai ciri-ciri yang khas, yaitu sebuah kesepadanan struktur, keparalelan, ketegasan, kehematan, kecermatan, kepaduan, dan kelogisan.
A. Ciri Kesepadanan Struktur
Yang dimaksud dengan kesepadanan struktur ialah kesepadanan atau keseimbangan antara pikiran (gagasan) dan struktur bahasa yang dipakai. Kesepadanan kalimat ini diperhatikan oleh kesatuan gagasan yang kompak dan kepaduan pikiran yang baik.
Kesepadanan kalimat itu memiliki beberapa ciri, antara lain :
1. Kalimat itu mempunyai subjek dan predikat yang jelas.
2. Tidak terdapat subjek ganda.
3. Kata penghubung intrakalimat tidak dipakai pada kalimat tunggal.
4. Predikat kalimat tidak didahului oleh kata yang.
B. Ciri Keparalelan
Yang dimaksud dengan keparalelan adalah kesamaan bentuk kata yang digunakan dalam kalimat itu. Artinya kalau bentuk pertama menggunakan nomina, bentuk kedua dan seterusnya juga harus menggunakan bentuk nomina. Kalau bentuk pertama menggunakan verba, bentuk kedua juga menggunakan verba.
C. Ciri Ketegasan
Yang dimaksud dengan ketegasan atau penekanan ialah suatu perlakuan penonjolan pada ide pokok kalimat. Dalam sebuah kalimat ada ide yang perlu ditonjolkan. Kalimat itu memberi penekanan atau ketegasan pada penonjolan itu.
Ada beberapa cara untuk membentuk penekanan dalam kalimat, antara lain :
1. Meletakkan kata yang ditonjolkan itu di depan kalimat (di awal kalimat).
2. Membuat urutan kata yang logis.
3. Melakukan pengulangan kata.
4. Melakukan pertentangan terhadap ide yang ditonjolkan.
5. Mempergunakan partikel penekanan (penegasan).
D. Ciri Kehematan
Yang dimaksud dengan kehematan dalam kalimat efektif adalah hemat menggunakan kata, frase, atau bentuk lain yang dianggap tidak perlu. Kehematan tidak berarti harus menghilangkan kata-kata yang dapat menambah kejelasan kalimat. Penghematan disini mempunyai arti penghematan terhadap kata yang memang tidak diperlukan, sejauh tidak menyalahi kaidah tata bahasa.
Ada beberapa kriteria yang perlu yang perlu diperhatikan, antara lain :
1. Penghematan dapat dilakukan dengan cara menghilangkan pengulangan subjek.
2. Penghematan dapat dilakukan dengan cara menghindari pemakaian superordinat pada hiponim kata.
3. Penghematan dapat dilakukan dengan cara menghindarkan kesinoniman dalam satu kalimat.
4. Penghematan dapat dilakukan dengan cara tidak menjamakkan kata-kata yang berbentuk jamak.
E. Ciri Kecermatan
Yang dimaksud dengan cermat adalah kalimat itu tidak menimbulkan tafsiran ganda dan tepat dalam piliha kata.
F. Ciri Kepaduan
Yang dimaksud dengan kepaduan adalah kepaduan pernyataan dalam kalimat itu sehingga informasi yang disampaikannya tidak terpecah-pecah. Kalimat yang padu tidak bertele-tele dan tidak mencerminkan cara berpikir yang tidak sistematis. Oleh karena itu, hindari kalimat yang panjang dan bertele-tele.
G. Ciri Kelogisan
Yang dimaksud dengan kelogisan ialah ide kalimat itu dapat diterima oleh akal dan sesuai dengan ejaan yang berlaku.

Untuk lebih jelasnya perhatikan penggalan latar belakang skripsi di bawah ini !
Proses belajar dan mengajar yang dilakukan oleh guru bertujuan agar siswa dapat memahami apa yang diajarkannya. Faktanya, yang terjadi dalam proses pembelajaran masih banyak ditemukan siswa yang mengalami kendala dalam belajar dan memahami apa yang sudah dipelajarinya, bahkan masih ada ditemukan siswa yang tidak mengerti sama sekali dengan materi yang sudah diajarkan guru sebelumnya. Kenyataan dialami oleh semua sekolah.
Sekolah Dasar merupakan lembaga pendidikan formal yang bertujuan untuk membangun dan mewujudkan cita-cita pendidikan, perlu mendapat perhatian yang sangat serius dari pemerintah, seperti halnya pengembangan sumber daya pendidiknya, penyediaan fasilitas pendidikan yang layak, dan memperhatikan kesejahteraan pendidik itu sendiri. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kinerja dengan sendirinya proses dan hasil bealajar yang dicapai oleh anak didiknya sesuai dengan harapan.
SDN No. 17/I Rantau Puri Kec. Muara Bulian salah satu lembaga pendidikan yang diberikan tugas untuk mengajarkan pelajaran sebagai mana yang berlaku di semua sekolah dasar lainnya. Oleh karena itu, masyarakat menganggap sekolah dasar adalah sebagai tempat pendidikan yang berbasis pelajaran umum semua mata pelajaran diajarkan dalam satu wadah.
Selanjutnya guru merupakan suatu komponen yang tidak dapat dipisahkan dalam proses belajar mengajar, jika tidak adanya guru maka proses pembelajaran tidak akan dapat berlangsung, oleh sebab itu guru memegang peranan penting dalam menempati posisinya sebagai seorang guru untuk mencapai tujuan pendidikan tersebut.

Pada penggalan latar belakang skripsi di atas terdapat kalimat yang tidak efektif.
*    Proses belajar dan mengajar yang dilakukan oleh guru bertujuan agar siswa dapat memahami apa yang diajarkannya.” (Paragraf pertama, kalimat pertama)
Kalimat tersebut memiliki ciri keefektifan kesepadanan struktur karena pada kalimat tersebut mempunyai subjek dan predikat yang jelas.
*    Faktanya, yang terjadi dalam proses pembelajaran masih banyak ditemukan siswa yang mengalami kendala dalam belajar dan memahami apa yang sudah dipelajarinya, bahkan masih banyak ditemukan siswa yang tidak mengerti sama sekali dengan materi yang sudah diajarkan guru sebelumnya.” (Paragraf pertama, kalimat kedua)
Kalimat tersebut memiliki ciri keefektifan ketegasan karena pada kalimat tersebut terdapat kata “faktanya” yang dimana kata tersebut memberi penekanan atau ketegasan pada penonjolan kalimat.
*    Masih banyak ditemukan siswa yang mengalami kendala dalam belajar dan memahami apa yang sudah dipelajarinya, bahkan masih banyak ditemukan siswa yang tidak mengerti sama sekali dengan materi yang sudah diajarkan guru sebelumnya.” (Paragraf pertama, kalimat kedua)
Selain itu, kalimat tersebut juga memiliki ciri keefektifan ketegasan karena pada kalimat tersebut terdapat pengulangan kata yang dimana kalimat itu memberi penekanan atau ketegasan pada penonjolan kalimat.
*    Sekolah Dasar merupakan lembaga pendidikan formal yang bertujuan untuk membangun dan mewujudkan cita-cita pendidikan, perlu mendapat perhatian yang sangat serius dari pemerintah, seperti halnya pengembangan sumber daya pendidiknya, penyediaan fasilitas pendidikan yang layak, dan memperhatikan kesejahteraan pendidik itu sendiri.” (Paragraf kedua, kalimat pertama)
Kalimat tersebut melanggar ciri keefektifan keparalelan karena pada kalimat tersebut tidak memiliki kesejajaran bentuk kata, yaitu kata pengembangan, penyediaan, dan memperhatikan.
Kalimat tersebut dapat diperbaiki dengan cara menyejajarkan ketiga bentuk itu.
Sekolah Dasar merupakan lembaga pendidikan formal yang bertujuan untuk membangun dan mewujudkan cita-cita pendidikan, perlu mendapat perhatian yang sangat serius dari pemerintah, seperti halnya mengembangkan sumber daya pendidiknya, menyediakan fasilitas pendidikan yang layak, dan memperhatikan kesejahteraan pendidik itu sendiri.
*    SDN No. 17/I Rantau Puri Kec. Muara Bulian salah satu lembaga pendidikan yang diberikan tugas untuk mengajarkan pelajaran sebagai mana yang berlaku di semua sekolah dasar lainnya.” (Paragraf ketiga, kalimat pertama)
Kalimat tersebut melanggar ciri keefektifan kesepadanan struktur karena pada kalimat tersebut tidak mempunyai subjek dan prdikat  yang jelas. Ketidakjelasan subjek dan predikat kalimat, tentu saja membuat kalimat tersebut tidak efektif.
Perbaikannya adalah sebagai berikut :
SDN No. 17/I Rantau Puri Kec. Muara Bulian merupakan salah satu lembaga pendidikan yang diberikan tugas untuk mengajarkan pelajaran sebagai mana yang berlaku di semua sekolah dasar lainnya.
*    Oleh karena itu, masyarakat menganggap sekolah dasar adalah sebagai tempat pendidikan yang berbasis pelajaran umum semua mata pelajaran diajarkan dalam satu wadah. (Paragraf ketiga, kalimat kedua)
Kalimat tersebut melanggar ciri keefektifan kehematan karena pada kalimat tersebut penggunaan kata sebagai tidak tepat dan dianggap tidak perlu. Seharusnya kata sebagai dihilangkan.
Perbaikannya adalah sebagai berikut :
Oleh karena itu, masyarakat menganggap sekolah dasar adalah tempat pendidikan yang berbasis pelajaran umum semua mata pelajaran diajarkan dalam satu wadah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar