Sabtu, 26 September 2015


Nama   : Nur Amalina

NIM    : A1D115002

Materi  : Ciri-Ciri Kalimat Efektif 



Pada paragraf 2 

-Kalimat “Penggunaan teknik ini mempunyai tujuan agar siswa mampu mencari dan menemukan sendiri berbagai jawaban atau persoalan-persoalan yang dihadapinya dengan mengadakan percobaan sendiri”  melanggar :
      1) Ciri kehematan dalam kalimat efektif, karena kata mempunyai tujuan dapat diganti dengan bertujuan.
      2) Ciri kesepadanan dalam kalimat efektif, karena kata “ini” menyebabkan ketidakjelasan subjek kalimat.
Perbaikan kalimat : “Penggunaan teknik eksperimen bertujuan agar siswa mampu mencari dan menemukan sendiri berbagai jawaban atau persoalan-persoalan yang dihadapinya dengan mengadakan percobaan sendiri.

-Kalimat “ Dengan eksperimen siswa menemukan bukti kebenaran dari teori sesuatu yang sedang dipelajarinya” melanggar :
  1) Ciri  kesepadanan dalam kalimat efektif, karena gagasan dan struktur bahasa yang dipakai tidak seimbang dan terlalu berbelit-belit.
Perbaikan kalimat : “Dengan eksperimen, siswa menemukan bukti kebenaran dari suatu teori yang sedang dipelajarinya”

Pada paragraf 3, kalimat ke 2 : “Tujuan utama pengajaran sains adalah agar siswa memahami konsep-konsep sains dan keterkaitannya dengan kehidupan sehari-hari, memiliki keterampilan proses untuk mengembangkan pengetahuan tentang alam sekitar, serta mampu menggunakan metode ilmiah dan bersikap ilmiah untuk memecahkan masalah-masalah yang dihadapinya dengan lebih menyadari kebesaran dan kekuasaan pencipta alam semesta”  melanggar ciri kesepadanan karena dalam kalimat ”… memiliki keterampilan proses untuk mengembangkan pengetahuan tentang alam sekitar” tidak seimbang antara gagasan dan struktur bahasa yang dipakai. Keterampilan proses yang dimaksud rancu, sebaiknya ada penghilangan kata “proses” dalam kalimat tersebut.
Perbaikan kalimat : “…memiliki keterampilan untuk mengembangkan pengetahuan tentang alam sekitar,...”


Tidak ada komentar:

Posting Komentar