Nama : Nur Amalina
NIM : A1D115002
Materi : Ciri-Ciri Kalimat Efektif
Pada paragraf 2
-Kalimat “Penggunaan teknik
ini mempunyai tujuan agar siswa mampu mencari dan menemukan sendiri berbagai
jawaban atau persoalan-persoalan yang dihadapinya dengan mengadakan percobaan
sendiri” melanggar :
1) Ciri kehematan dalam kalimat efektif, karena kata mempunyai tujuan dapat diganti dengan bertujuan.
2) Ciri kesepadanan dalam
kalimat efektif, karena kata “ini” menyebabkan ketidakjelasan subjek kalimat.
Perbaikan kalimat : “Penggunaan
teknik eksperimen bertujuan agar siswa mampu mencari dan menemukan sendiri
berbagai jawaban atau persoalan-persoalan yang dihadapinya dengan mengadakan
percobaan sendiri.
-Kalimat “ Dengan eksperimen
siswa menemukan bukti kebenaran dari teori sesuatu yang sedang dipelajarinya”
melanggar :
1)
Ciri kesepadanan dalam kalimat efektif, karena gagasan dan struktur bahasa
yang dipakai tidak seimbang dan terlalu berbelit-belit.
Perbaikan kalimat : “Dengan
eksperimen, siswa menemukan bukti kebenaran dari suatu teori yang sedang
dipelajarinya”
Pada paragraf 3, kalimat ke 2
: “Tujuan utama pengajaran sains adalah agar siswa memahami konsep-konsep sains
dan keterkaitannya dengan kehidupan sehari-hari, memiliki keterampilan proses
untuk mengembangkan pengetahuan tentang alam sekitar, serta mampu menggunakan
metode ilmiah dan bersikap ilmiah untuk memecahkan masalah-masalah yang
dihadapinya dengan lebih menyadari kebesaran dan kekuasaan pencipta alam semesta”
melanggar ciri kesepadanan karena dalam
kalimat ”… memiliki keterampilan proses untuk mengembangkan pengetahuan tentang
alam sekitar” tidak seimbang antara gagasan dan struktur bahasa yang dipakai.
Keterampilan proses yang dimaksud rancu, sebaiknya ada penghilangan kata “proses”
dalam kalimat tersebut.
Perbaikan kalimat : “…memiliki
keterampilan untuk mengembangkan pengetahuan tentang alam sekitar,...”
Tidak ada komentar:
Posting Komentar